Dari Indonesia untuk Dunia: Perjalanan Erigo, Brand Lokal Indonesia Membanggakan Negeri

Dari Indonesia untuk Dunia: Perjalanan Erigo, Brand Lokal Indonesia Membanggakan Negeri

Erigo merupakan clothing line yang sudah ada sejak tahun 2013. Pada mulanya, brand lokal Indonesia ini dikenal dengan nama Selected and CO. Akan tetapi, akhirnya berganti nama di bulan Juni 2013 menjadi Erigo.

 

Pergantian nama menjadi Erigo ini dikarenakan nama brand sebelumnya telah dimiliki pebisnis lain. Sang pemilik Erigo, Muhammad Sadad mengakui jika dalam menjalankan bisnis fashion ini bukan perkara mudah.

 

Awalnya brand ini mengusung fashion bertema batik dan ikat-ikat. Akan tetapi konsep tersebut diubah menjadi casual outfit. Beberapa produk yang dijual adalah sweater Erigo, jaket Erigo dan yang terlaris adalah T-shirt Erigo.

 

Adanya perubahan nama ini juga tak terlepas dari perkembangan dunia fashion yang kian hari semakin pesat. Apabila tidak mengikuti permintaan pasar, maka bisa mengalami stagnasi yang membuat omset menjadi minim. Terlebih lagi persaingan pasar semakin kuat.

 

 

Perjalanan Sukses Erigo, Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

 

Brand Erigo yang telah hadir sejak tahun 2013 telah mendorong semangat anak muda supaya dapat meningkatkan kreativitas dalam berbusana. Sebelum sukses hingga memiliki pasaran yang luas, brand yang ini seringkali mengalami kesulitan. Namun berkat usaha dan kegigihan yang konsisten, brand tersebut dapat mengepakkan sayapnya hingga kancah internasional.

 

Kisah sukses dari Muhammad Sadad sebagai pendiri Erigo dapat dikatakan mirip dengan Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Sadad memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus membangun bisnis fashion yang telah ia pimpin sejak sekolah menengah. Hal lain yang membuatnya berhenti kuliah karena pada waktu itu ia memiliki tanggungan utang semakin menumpuk.

 

Sadad mengalami pasang surut pada saat mengembangkan bisnis. Keinginannya untuk mendapatkan keuntungan sangat besar, namun yang didapat ternyata rugi. Padahal uang yang sudah dikeluarkan tidak sedikit untuk mendongkrak pemasaran produk.

 

Berkat kegigihan dan keuletannya, Sadad akhirnya bisa memperluas pasaran hingga di kancah internasional. Internasionalisasi brand lokal Indonesia di pasar global telah menjunjung tinggi sekaligus membuktikan akan kualitas produk Indonesia. Dalam perkembangannya, produk brand lokal Indonesia hingga saat ini tidak akan lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

 

Kesuksesan Erigo menunjukkan bahwa sangat penting melakukan optimalisasi usaha lokal untuk menembus pasar global. Hal ini juga mendorong pelaksanaan ekspor industri kreatif di Indonesia. Apalagi saat ini banyak usaha kreatif di bidang fashion yang telah mendapatkan perhatian internasional.

 

Dilansir dari OPUS 2020, nilai ekspor produk fashion dari Indonesia berdasarkan data tahun 2017 telah mencapai 11,969,4 juta dolar Amerika Serikat atau 9,80%. Ini menunjukkan bahwa brand lokal Indonesia mempunyai peluang besar dan turut serta meningkatkan laju perekonomian di Indonesia. Maka dari itu, optimalisasi brand lokal penting untuk mendorong internasionalisasi usaha.

 

Pemerintah memiliki peranan penting dan andil dalam mendorong kreativitas dan tahapan internasionalisasi. Seperti dalam rangka pelaksanaan kegiatan ekspor ke luar negeri.

 

 

Pameran Fashion di Malaysia

 

Ketika mengikuti pameran fashion di Malaysia, Muhammad Sadad mengeluarkan uang hingga Rp 25.000.000. Uang tersebut untuk biaya operasional. Namun sayangnya dari hasil pameran yang diperoleh hanya Rp 5.000.000.

 

Pameran berikutnya adalah di Makassar dan Surabaya. Nasib yang sama dialami, Sadad harus menelan kerugian tanpa dapat menikmati keuntungan apapun di awal pameran.

 

Meskipun demikian, Sadad tidak mudah menyerah. Berkat keuletan dan kegigihannya, ia mendapatkan hasil yang fantastis. Sebab, tahun 2015 ia bersama Erigo berhasil memperoleh omzet hingga Rp 22.000.000.

 

Kesuksesan membangun Erigo ini tidak terlepas dari dukungan orang tua. Sadad tak hanya mendapat dukungan moral, namun juga modal dan material. Bahkan orang tuanya rela menjual ruko untuk modal bisnis yang tengah Sadad jalankan.

 

Brand Erigo hingga saat ini menjadi pilihan banyak anak muda yang menginginkan tampilan modis dan stylish. Tak hanya T-shirt dan celana, namun produk Erigo sangat bervariasi. Mulai sweater, jaket, kaos polo, topi dan tas yang laris di pasaran.

 

Kemudian di pertengahan 2013, Sadad melakukan berbagai upaya untuk memperluas jangkauan pasar. Ia meluncurkan online webstore dan memberanikan diri untuk ikut berpartisipasi di berbagai acara offlline, salah satu diantaranya adalah JakCloth.

 

Sadat turut andil dan terjun langsung untuk setiap strategi penjualan Erigo. Ia bahkan pernah tidur di mushola mal hingga membersihkan badan di pom bensin saat mengikuti JakCloth. Ini ia lakukan untuk meminimalisir pengeluaran.

 

 

Mengembangkan Bisnis Menggunakan Platform E-commerce 

 

Dalam mengikuti perkembangan zaman, Erigo mengembangkan bisnisnya menggunakan platform e-commerce sebagai kanal penjualan. Hingga pada tahun 2017, brand lokal Indonesia ini bergabung dengan Shopee.

 

Setelah bergabung dengan Shopee, penjualan Erigo secara signifikan mengalami peningkatan. Bahkan tahun 2020 berhasil mencatat peningkatan penjualan 10 kali lipat daripada tahun sebelumnya.

 

Selain itu, Erigo tak hanya berjaya di dalam negeri, sebab permintaan dari luar negeri juga mengalami kenaikan. Lebih lanjut lagi, tahun 2020 Erigo mulai bergabung dengan program ekspor Shopee. Untuk produk-produk Erigo sudah bisa dibeli di negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. Hingga saat ini sudah ada 7 toko Erigo yang mengikuti program ekspor, termasuk authorized store Erigo.

 

 

Erigo Berhasil Tampil di New York Fashion Week

 

Brand Erigo tahun 2021 berhasil memamerkan produknya di NYFW atau New York Fashion Week, tepatnya di wilayah SoHo. Hal tersebut juga terulang di tahun 2023, Erigo berhasil mengawali pergelaran fashion di NYFW yang bertajuk The Show untuk koleksi Spring/Summer 2023 pada bulan September. Lalu iklan dari ERIGO ditampilkan di Time Square yang menjadi pusat komersial terbesar di Amerika Serikat.

 

Muhammad Sadad selaku CEO dan Founder Erigo mengatakan bahwa pencapaian ini mampu menaikkan nama brand. Bahkan juga untuk industri fashion di tanah air.

 

Erigo di atas panggung menampilkan 60 koleksi pakaian. Berbagai koleksi tersebut terinspirasi dari metamorfosis kepompong. Koleksinya menampilkan hingga 3 bagian atau tahap yang menjadi cerminan sebuah kehidupan.

 

Koleksi tersebut bermotif geometris, abstrak, kupu-kupu dan bunga. Setiap koleksi fashion menghadirkan detail dengan teknik jahit tangan, bordir dan juga painting. Untuk membuat busana siap pakai, membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga tak perlu merugikan dari segi kualitas, bahkan memperkenalkannya di kancah internasional.

 

Menariknya lagi, kantor pusat perusahaan tekstil Erigo juga didatangi Menteri Perdagangan Zulhas atau Zulkifli Hasan. Dalam kunjungannya, Zulhas menjanjikan Erigo bisa memperoleh tambahan investor.

 

Ungkapan janji tersebut dinyatakan ketika keduanya bercakap-cakap terkait berdirinya Erigo. Founder sekaligus CEO Erigo, Sadad menceritakan bahwa investor pertama yang ia dapatkan adalah Deddy Corbuzier. Deddy diketahui berinvestasi untuk Erigo sebesar 10 miliar. Selama kurang lebih 10 tahun berdiri, Erigo baru memiliki satu investor tersebut, yakni Deddy Corbuzier.

 

Upaya Zulhas menjanjikan mencarikan investor untuk Erigo dikarenakan brand tersebut telah membuktikan dapat berkembang ditengah pandemi Covid-19. Di samping itu, pengusaha dalam negeri penting untuk mendapat dukungan. Jika tidak demikian, maka bisa saja di Indonesia ini dibanjiri oleh produk impor atau produk bekas.

 

 

Keunggulan Produk Erigo

 

Erigo mempunyai beberapa keunggulan yang membuat brand ini populer dan banyak peminatnya, terutama kalangan anak muda.

 

1. Desain dan Kualitas Produk

 

Erigo terkenal dengan desain yang stylish dan mengikuti tren. Mulai dari jaket, kaos, celana jeans, kemeja, topi, tas dan produk lainnya. Produk yang dihasilkan mempunyai gaya kekinian sesuai dengan tren fashion terbaru.

 

Kualitas produk pun selalu terjaga dengan baik. Sehingga para konsumen mendapatkan kepuasan ekstra.

 

2. Fokus untuk Kalangan Anak Muda

 

Secara khusus Erigo mengarah untuk anak muda, yang menerapkan segmen pasar dinamis. Selain itu, produk yang dihasilkan sesuai dengan tren-tren terbaru. Erigo berhasil menyampaikan gaya yang relevan dengan kebutuhan dan gaya hidup anak muda masa kini.

 

3. Ekspansi Pasar

 

Produk Erigo dirancang dengan desain dan model fleksibel, bisa untuk laki-laki maupun perempuan. Dengan begitu, brand ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tentu saja hal ini membuka peluang bagi Erigo untuk menarik banyak perhatian konsumen dari berbagai referensi fashion dan latar belakang berbeda.

 

4. Harga yang Terjangkau

 

Hal yang tidak kalah menarik dari Erigo adalah harga yang terjangkau. Meskipun menawarkan kualitas dan desain menarik, namun masalah harga dapat diakses berbagai kalangan konsumen.

 

5. Dukungan dari Komunitas

 

Brand lokal Indonesia Erigo telah berhasil membangun komunitas penggemar yang setia. Bahkan Mendapat dukungan dari selebriti dan influencer. Ini dapat membantu mendukung marketing produk dengan efektif dan menyebarkan pesan merek lebih luas.

 

6. Ketahanan dalam Menghadapi Rintangan

 

Bisnis Erigo berjalan tidak selalu mulus, namun tetap menunjukkan keteguhan hati dan ketahanan terbaik. Sehingga di saat menghadapi kesulitan tetap fokus dan bangkit untuk mengejar visi bisnis. Hal tersebut yang mendorong kesuksesan Erigo hingga menembus pasar internasional.

 

 

Produk-Produk Erigo

 

Erigo menjadi brand yang menyediakan berbagai produk fashion dengan lengkap. Mulai T-shirt, kemeja, jaket, celana dan masih banyak lagi.

 

1. T-shirt

 

T-shirt atau kaos Erigo di dunia fashion dan style telah menjadi andalan. Sebab, item fashion yang satu ini mempunyai banyak keunggulan.

 

Pertama, bahannya halus dan lembut dengan desain yang keren. Selain itu, T-shirt ini mudah untuk di mix and match untuk berbagai gaya. Dengan T-shirt Erigo dapat menciptakan tampilan semi-formal maupun kasual. T-shirt ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis pakaian seperti celana panjang, celana pendek hingga rok.

 

Brand lokal Indonesia ini juga menghadirkan T-shirt yang cocok untuk berbagai kalangan dan kegiatan. Bahkan Harganya sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitas.

 

2. Kemeja

 

Kemeja Erigo tak lekang oleh waktu, terutama kemeja pria lengan pendek. Fashion yang satu ini dibuat untuk dikenakan dari masa ke masa. Sempurna untuk gaya kasual yang effortless, sehingga penampilan nyaman, stylish dan lebih percaya diri.

 

Bahan yang digunakan berkualitas dengan pilihan warna lengkap. Tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan berdasarkan selera atau kebutuhan.

 

3. Celana

 

Erigo menawarkan celana yang nyaman digunakan dan tetap bebas bergerak saat beraktivitas. Salah satunya adalah celana chino dengan bahan stretch dan cutting-an slim fit. Celana ini cocok dipadukan dengan kemeja maupun T-shirt. Dengan celana ini pengguna dapat mewujudkan tampilan formal atau kasual, tinggal memilih celana panjang atau pendek.

 

Bahan cotton twill memberikan kemudahan dalam perawatan. Tersedia berbagai size dengan saku di bagian pinggang samping dan belakang.

 

4. Jaket

 

Erigo menyediakan berbagai model jaket yang menjadi pelengkap outfit lebih stylish. Selain itu, jaket ini memberikan kenyamanan ketika dipakai sehari-hari.

 

5. Hoodie

 

Erigo hoodie merupakan salah satu item fashion yang fleksibel untuk digunakan kemanapun. Baik laki-laki maupun perempuan dapat menggunakannya untuk tampilan semakin gaya. Desainnya trendi dengan bahan berkualitas.

 

Bahan jaket hoodie Erigo nyaman dan ringan dengan pilihan warna favorit sebagai pendamping semua kasual outfit. Jika memilih hoodie Erigo, maka sesuaikan selera berdasarkan warna, ukuran dan desain logo.

 

Agar terlihat modis dan fashionable, maka pilih ukuran yang pas dengan ukuran tubuh. Apabila menghendaki ukuran besar atau gaya oversized look, siasati style ini dengan baik supaya tubuh tak terlihat tenggelam.

 

6. Aksesoris

 

Produk aksesoris dari Erigo beragam, mulai tas, topi hingga parfum. Tas Erigo daypack cocok untuk digunakan sehari-hari karena memakai bahan berkualitas, sehingga lebih kuat dan awet. Ukurannya yang cukup besar dapat digunakan untuk membawa barang harian seperti buku, laptop dan yang lainnya. Cocok pula digunakan untuk sekolah, travelling, jalan-jalan, hangout bersama teman maupun acara santai lainnya.

 

Selain daypack tersedia tote bag yang dilengkapi tali panjang bisa dilepas pasang. Pengguna dapat menyesuaikan style lebih nyaman dan santai ketika dikenakan. Tas ini bisa untuk membawa berbagai kebutuhan karena mempunyai ruang khusus untuk laptop. Terdapat pula kompartemen lain yang bisa memuat dompet, botol minum, buku, HP dan barang kecil lainnya seperti headset dan kunci.

 

Kemudian terdapat topi sebagai pelengkap gaya kasual dengan desain simpel dan menarik. Topi Erigo mempunyai strap yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala. Aksesoris ini sangat cocok digunakan ketika cuaca sedang panas untuk melindungi diri dari terik matahari.

 

 

Kunci Kesuksesan Erigo

 

Muhammad Sadad memegang beberapa kunci kesuksesan dalam membangun bisnisnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Inspirasi, Konsistensi dan Keberuntungan

 

Untuk dapat menjalankan bisnis membutuhkan inspirasi. Salah satu inspirasi yang membuatnya sukses adalah sang istri yang tengah hamil. Berjualan produk apapun harus jadi dan sukses. Sehingga adanya inspirasi penting sebagai semangat untuk menjalankan bisnis.

 

Kemudian konsistensi dalam menjalankan bisnis dengan membuat konten bagus dimanapun. Pada saat Erigo berdiri, sosial media belum memakai algoritma. Sehingga Sadad dapat membuat konten sebanyak-banyaknya dan hal tersebut membuat Erigo semakin terkenal.

 

Momentum tersebut Sadad manfaatkan dengan tetap konsisten untuk mempromosikan produk. Bisa melalui media sosial, pameran hingga iklan ke artis-artis ternama. Jika rajin menekuninya, maka hoki atau keberuntungan pasti akan menyusul.

 

2. Inovasi dan Kolaborasi

 

Kunci sukses Erigo berikutnya adalah inovasi dan kolaborasi. Erigo terkenal dengan desain unik dan sering berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti para artis dan brand lain. Sehingga dapat menciptakan produk fresh dan relevan dengan tren saat ini.

 

3. Komitmen Terhadap Keberlanjutan

 

Komitmen Erigo terhadap keberlanjutan dengan berupaya selalu menggunakan bahan ramah lingkungan. Selain itu, proses produksi sejalan dengan tuntutan pasar. Bahkan semakin sadar akan isu lingkungan.

 

4. Penerapan Teknologi dalam Produksi

 

Dalam produksi fashion, Erigo mengadopsi teknologi terbaru. Penggunakan teknologi ini untuk mempercepat proses produksi dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

 

Komitmen dan kerja keras dari Sadad, berhasil memposisikan Erigo sebagai salah satu merek fashion di Indonesia yang mendunia. Erigo menunjukkan bahwa brand lokal Indonesia bisa bersaing di pasar internasional dengan desain dan kualitas tidak kalah dari brand internasional.

 

 

Strategi Pemasaran Erigo

 

Kesuksesan Erigo ini tidak terlepas dari adanya strategi pemasaran yang inovatif dan cerdas. Erigo memanfaatkan berbagai media sosial, memahami target pasar dengan baik, bekerja sama dengan influencer. Selain itu, didukung dengan produk berkualitas seperti kemeja kerja Erigo dan brand kuat yang dicintai banyak konsumen. Untuk memperluas jangkauan dan memudahkan para konsumen dalam berbelanja, Erigo mengembangkan beragam strategi pemasaran.

 

1. Sering Mengikuti Bazar

 

Salah satu strategi aktif Erigo adalah sering mengikuti bazar dan acara fashion. Brand lokal Indonesia ini dari awal mula berdiri sudah berani memutuskan untuk mengambil peluang ikut dalam pagelaran fashion besar.

 

Dengan menghadiri acara fashion dan berbagai bazar, Erigo berusaha meningkatkan merek dan memperluas jangkauan pasar. Sadad berpartisipasi aktif dalam acara-acara tersebut agar Erigo mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dan memperkenalkan produk secara langsung dengan calon konsumen. Strategi seperti ini akan membantu Erigo meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan personal dengan calon konsumen dan memperluas pangsa pasar.

 

Sadad juga memiliki komitmen dan dedikasi luar biasa terkait pengembangan produk Erigo. Dengan andil dan terjun langsung dalam pengembangan produk, Sadad mampu memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dengan lebih baik. Interaksi langsung ini memudahkan untuk mengambil feed back dari calon konsumen. Selain itu, bisa menjadi acuan dalam penyesuaian produk dan strategi marketing Erigo.

 

Keterlibatan langsung dan semangat menjadi pilar utama untuk menghadapi berbagai tantangan. Erigo berhasil membangun citra merek profesional dan kuat melalui acara fashion dan bazar. Bahkan dalam waktu relatif singkat berhasil menarik perhatian pecinta fashion di tanah air. Brand lokal Indonesia ini semakin meraih kesuksesan dengan menunjukkan keseriusan dan inovasi dalam berbisnis.

 

2. Konsep Produk Menarik

 

Erigo terus menghadirkan inovasi, setelah berhasil dengan tema travelling berlanjut meluncurkan produk bertema country series. Para pecinta fashion akan mendapatkan pengalaman autentik ketika menggunakan produk tersebut.

 

Dalam pemasarannya, Erigo melakukan pemotretan langsung di berbagai negara dengan menggunakan model lokal dari negara tersebut. Sehingga dapat memberikan kesan dan nuansa lebih mendalam untuk setiap produk.

 

Tidak hanya memberikan sentuhan autentik, namun dengan melibatkan model lokal dalam pemotretan tersebut dapat mencerminkan penghormatan dan apresiasi terhadap kekayaan budaya dari negara tersebut. Hal itu juga berhasil menciptakan daya tarik kuat untuk para konsumen. Terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai kecintaan dan koneksi emosional dengan negara yang menjadi tema.

 

Strategi seperti ini memberi nilai tambah signifikan untuk brand. Tak hanya mendapatkan produk berkualitas, namun konsumen dapat merasakan sensasi dan cerita di balik koleksi-koleksi fashion yang unik. Dengan pendekatan seperti ini, Erigo dapat menciptakan eksklusivitas untuk produk dan membedakan diri dari pesaing.

 

3. Pemasaran di Media Sosial dan Website

 

Berbagai strategi pemasaran dilakukan Erigo, termasuk melalui platform media sosial seperti Instagram. Akun Instagram Erigo seiring berjalannya waktu telah memiliki followers hingga jutaan. Selain berfokus pada jumlah followers, Erigo juga menyajikan konten berkualitas dan menarik.

 

Konten yang disajikan konsisten, relevan menghibur dan inspiratif. Hal tersebut menciptakan kedekatan antara konsumen dengan brand, sehingga banyak kalangan muda yang menyukainya.

 

Dengan menggunakan platform populer, Erigo lebih mempunyai jangkauan global di berbagai belahan dunia. Hal ini juga berpengaruh pada reputasi dan popularitas Erigo sebagai brand lokal Indonesia yang mendunia.

 

Website Erigo juga menjadi langkah strategis untuk memberikan informasi yang mudah diakses. Website menjadi wadah untuk berinteraksi secara virtual dengan para calon konsumen dan menyajikan berbagai produk terbaru. Tata letak yang rapi memudahkan pengunjung menemukan informasi dengan rinci dan memberi gambaran komprehensif terkait produk Erigo.

 

4. Bekerjasama dengan Influencer

 

Kerjasama dengan para influencer ternama menjadi langkah sukses untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas pangsa pasar. Erigo berhasil mempengaruhi banyak orang dari para influencer, terutama untuk para penggemar dan follower.

 

Ketika influencer ternama merekomendasikan produk Erigo, maka akan memberi pengaruh besar kepada audiens. Kerjasama dengan influencer memungkinan untuk menciptakan eksposur lebih luas dan di platform digital, bahkan dapat meningkatkan visibilitas merek.

 

Setiap kali influencer mempublikasikan konten maka akan secara cepat menyebar di kalangan pengikut mereka. Hal ini memberikan efek domino yang menambah peluang besar untuk meningkatkan penjualan karena banyaknya orang melihat dan merasa tertarik.

 

Influencer ternama juga membantu mencapai pasar lebih luas hingga pasar internasional. Selain itu, kerjasama dengan influencer dapat membangun kredibilitas merek, menciptakan rasa kepercayaan dan loyalitas para viewers. Influencer dapat memberikan pengaruh positif yang membantu mempertahankan basis pelanggan setia di tengah persaingan industri fashion yang kompetitif.

 

 

Manfaat yang Diperoleh Erigo dari Strategi Pemasarannya

 

Dari ulasan strategi-strategi di atas, Erigo akan mendapatkan sejumlah manfaat signifikan. Mulai dari penjualan yang semakin meningkat dengan strategi marketing offline maupun online.

 

Kemudian ekspansi pasar dapat meluas hingga kancah internasional. Bahkan dapat mengikuti pasar fashion di New York. Selain itu, dengan adanya strategi pemasaran yang beragam akan berdampak dalam meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen. Erigo semakin banyak penggemarnya melalui konsep iklan yang menarik.

 

Strategi pemasaran Erigo fokus dengan produk berkualitas tinggi dan bahan terbaik. Sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap merek.

 

Berkat kerja keras dan komitmen yang sungguh-sungguh dari Muhammad Sadad dan timnya, Erigo berhasil mengukir prestasi gemilang di industri mode. Erigo berhasil meraih popularitas merek yang terus meningkat dan menunjukkan kemampuannya menjadi brand fashion yang dapat bersaing di pasar global.

 

 

Tips Membuka Bisnis Fashion

 

Membuka bisnis fashion tidak mudah, sama seperti bisnis pada umumnya. Selain mempertimbangkan brand, model dan kualitas, para pebisnis juga penting memperhatikan jumlah pesaing. Karena banyak yang sudah berkecimpung di dunia fashion, mengingat bisnis ini tidak ada matinya dan sangat menjanjikan.

 

Maka dari itu, bagi yang tertarik untuk membuka bisnis fashion, perlu untuk menerapkan beberapa tips berikut ini agar perjalanan bisnis ke depannya lebih mudah.

 

1. Mempersiapkan Modal

 

Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis adalah mempersiapkan modal. Modal yang lebih besar tentu dapat membuka peluang bisnis lebih cepat berkembang. Terlebih jika pengelolaan modal dilakukan dengan tepat berdasarkan rencana keuangan perusahaan.

 

Modal yang bisa didapatkan dengan berbagai cara, mulai dari modal sendiri maupun crowdfunding (bantuan dana dari investor). Agar pihak ketika tertarik untuk memberikan modal, persiapkan rencana keuangan dan proyek kinerja perusahaan dengan baik untuk kedepannya.

 

2. Menentukan Target Pasar/Konsumen

 

Langkah berikutnya adalah memikirkan konsumen atau target pasar seperti apa yang kemungkinan akan membeli produk. Adanya target pasar akan memudahkan dalam menciptakan produk, menentukan logo, memilih brand hingga mempromosikan barang. Untuk meningkatkan omzet penjualan, sesuaikan target pasar.

 

Apabila target pasar adalah anak muda, maka produk, logo, brand dan teknik promosi harus fresh dan kekinian layaknya jiwa muda. Jika tidak demikian, dikhawatirkan akan terkesan kurang menarik atau terkesan tua. Akibatnya, omzet penjualan tidak dapat naik dan lebih parahnya menjadi berkurang.

 

3. Memilih Nama Brand

 

Pemilihan nama brand dapat disesuaikan dengan target pasar. Sebaiknya menggunakan nama brand yang kekinian dan mudah diingat jika target pasar adalah anak muda. Sedangkan untuk target pasar kaum borjuis, maka bisa menggunakan nama brand yang terdengar classy.

 

Carilah referensi nama brand di internet dan pilih yang menarik. Kemudian kombinasikan beberapa nama brand untuk menciptakan nama baru yang unik dan menarik. Hal yang tidak kalah penting untuk dihindari adalah menggunakan nama brand yang biasa saja, ini supaya terkesan tidak pasaran. Karena dalam industri fashion, merek dapat menjadi identitas produk itu sendiri.

 

4. Pilih Desain Menarik

 

Jika dalam berbisnis fashion ingin memproduksi sendiri, maka tentukan desain menarik supaya banyak peminatnya. Sebagai sumber ide desain, manfaatkan portofolio, internet dan karya yang ada di sekeliling.

 

Daripada menjadi supplier, mendesain sendiri memang sedikit lebih rumit. Karena harus berhadapan dengan perhitungan yang rumit pula. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis perlu banyak belajar, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

 

5. Mencari Supplier untuk Bahan Baku

 

Kualitas dari pakaian ditentukan oleh bahan baku yang digunakan pada saat produksi. Sebaiknya memilih bahan terbaik untuk hasil produksi dengan kualitas terjamin. Maka, cari supplier bahan baku yang menyediakan berbagai kain sesuai dengan keinginan.

 

Agar mendapat prioritas pada saat membeli bahan baku, maka jalin relasi baik dengan supplier. Tak hanya satu, carilah beberapa supplier untuk memasok bahan baku. Karena jika supplier tidak mempunyai bahan yang dicari, maka dapat mencarinya ke supplier yang lain.

 

6. Harga yang Bersaing

 

Langkah berikutnya adalah menentukan harga produk. Untuk harga beli produk satuan dan per lusin tentu berbeda. Sehingga sejak awal harus menghitung dengan benar agar tidak salah harga ketika menjualnya kepada pembeli. Namun jika ingin memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu bisa menjadi cara terbaik untuk mendongkrak penjualan.

 

Harga menjadi salah satu hal yang krusial dalam berbisnis. Usahakan harga per produk sesuai kualitas yang ditawarkan. Dengan demikian pembeli tidak akan merasa kemahalan atau dirugikan. Karena banyak penjual yang lain, jadi harus menetapkan harga yang kompetitif.

 

7. Buat Promosi

 

Tips selanjutnya ketika membuka usaha fashion adalah membuat promosi. Promosi ini menjadi daya tarik yang mampu untuk meningkatkan daya beli konsumen. Untuk jenis promosi bisa berupa cashback, diskon atau potongan harga dan pemberian voucher belanja.

 

Selain itu, promosi juga dapat memanfaatkan sosial media agar lebih dikenal masyarakat luas. Misalnya seperti Facebook, Instagram, TikTok atau blog pribadi. Jika biaya promosi mencukupi, maka dapat bekerja sama dengan micro influencer untuk promosi produk. Sebaiknya alokasikan dana khusus untuk promosi supaya tidak mengganggu budget aktivitas bisnis yang lain.

 

 

Kegagalan yang Membuahkan Keberhasilan

 

Seperti pendiri Erigo, Muhammad Sadad yang sudah gagal berulang kali, akan tetapi tidak pernah berhenti untuk mencoba dan berusaha. Kemudian terus memperbaiki kualitas dari brand fashion yang ia miliki. 

 

Demikian pula saat memulai bisnis, kegagalan yang perlahan-lahan akan menuntun menuju kesuksesan. Dengan catatan harus introspeksi, terus berjuang dan mempunyai harapan bahwa brand lokal Indonesia dapat sukses di kemudian hari, bahkan hingga kancah internasional.

 

 

Ekspresikan Dirimu dengan Erigo

 

Erigo hadir sebagai destinasi utama untuk mengeksplorasi gaya berpakaian yang effortless dan stylish. Menawarkan koleksi lengkap dari ujung kepala hingga kaki, setiap produk dirancang untuk menemani berbagai aktivitasmu, kapanpun dan dimanapun.

 

Sebagai merek fashion lokal yang telah dikenal luas, Erigo terus berinovasi menghadirkan pakaian berkualitas dengan desain trendy dan kenyamanan maksimal. Kemudahan berbelanja menjadi prioritas, baik melalui website erigo.co.id maupun berbagai platform online lainnya. Jangkauan pengiriman yang luas memastikan produk Erigo dapat dinikmati di seluruh Indonesia.

 

Koleksi Erigo menampilkan desain yang versatile, mudah dipadupadankan untuk menciptakan berbagai tampilan sesuai dengan kepribadian dan momenmu. Temukan pilihan outfit terbaik untuk casual outfit sehari-hari, mulai dari t-shirt, kemeja, hoodie, jaket, celana, hingga berbagai aksesoris pelengkap.

 

Muhammad Sadad, pendiri Erigo, membangun merek ini dengan visi untuk menyediakan fashion berkualitas bagi semua kalangan. Dengan kerja keras dan inovasi, Erigo telah tumbuh menjadi salah satu merek kebanggaan Indonesia. Terinspirasi dari perjalanan Erigo sendiri dan perkembangan dunia digital, Erigo terus beradaptasi untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang aman dan menyenangkan.

 

Jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo eksklusif di erigo.co.id. Tingkatkan gaya berpakaianmu dan ekspresikan dirimu bersama Erigo!

 

 

Kesimpulan

Salah satu brand lokal Indonesia yang telah menunjukkan kreativitasnya, terutama di bidang fashion dan berhasil menembus pasar internasional adalah Erigo. Erigo berhasil melangkahkan kakinya jauh hingga ke pasar luar negeri dan memperkenalkan produk dalam pasar perekonomian global. Brand yang satu ini menjadi pilihan masyarakat yang ingin tampil trendy dan lebih percaya diri di berbagai kesempatan melalui penampilannya.

 

ERIGO STORE

Toko offline 

Erigo Store Bekasi
Ruko Grand Galaxy City, Jl. Boulevard Raya timur RGB No.96, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Bekasi, West Java 17148


Erigo Store Pamulang
Jl. Pamulang Permai No.14 Blok SH21, West Pamulang, Pamulang, South Tangerang City, Banten 15417


Erigo Store Banjarbaru

Jl. A. Yani No.km 35, Loktabat Sel., Kec. Banjarbaru Selatan, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan 70721

Telephone / WhatsApp : 0811-9757-222

Email: partnership@erigostore.co.id

Website : https://erigostore.co.id/

Facebook : facebook.com/erigostoreapparel/

Instagram : instagram.com/erigostore/

Youtube : youtube.com/c/ErigoOfficial

Tiktok : tiktok.com/@erigo.store

 

 

FAQ

 

Dari Indonesia untuk dunia: Perjalanan Erigo, brand lokal membanggakan negeri seperti apa?

 

Pendiri Erigo adalah Muhammad Sadad tahun 2013. Bermula dari usaha kecil dengan produksi kaos dan hoodie yang penjualannya secara online. Hingga dapat ekspansi produk dan penetrasi pasar hingga kancah internasional. Erigo terus berinovasi dan berkomitmen terhadap keberlanjutan.

 

Siapa saja target pasar Erigo?

 

Target pasar Erigo yakni mencakup segmen usia muda yang mencari produk fashion trendy akan tetapi harganya terjangkau. Sehingga Erigo memahami kebutuhan dan keinginan dari target pasar dengan baik. Hal ini tercermin dari kampanye marketing yang dijalankan. Untuk memahami perilaku konsumen dan untuk menyesuaikan strategi pemasaran, Erigo menggunakan data analitik. Alhasil, Erigo dapat menghadirkan produk sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar yang mampu meningkatkan loyalitas pelanggan.

 

Apa saja tips membuka bisnis fashion supaya perjalanan bisnis mudah dan sukses kedepannya?

 

  1. Mempersiapkan modal
  2. Menentukan target pasar atau konsumen
  3. Memilih nama brand yang tepat
  4. Pilih desain menarik
  5. Mencari supplier untuk bahan baku
  6. Harga yang bersaing
  7. Buat promosi

 

Apa saja prestasi dan penghargaan yang pernah Erigo capai?

 

  • Berhasil tampil di NYFW atau New York Fashion Week Spring/Summer 2022
  • Koleksi Erigo X dipamerkan di NYFW 2023 dan menampilkan 60 look
  • Mendapatkan pengakuan dari Muri atau Museum Rekor Dunia Indonesia untuk kategori Penjualan T-shirt terbanyak dalam satu jam melalui Media Online.
Back to blog